10 Hal Menarik di Dusun Bambu

by - Tuesday, November 28, 2017

www.kopidankamu.com


Brrr.... Begitu pintu mobil dibuka, hembusan udara dingin terasa menusuk sampai ke dalam tulang. Angin bercampur gerimis seakan mengucapkan selamat datang pada rombongan keluarga kami saat tiba di sana. Menempuh tiga puluh lima menit berkendara dari hotel Summer Hills tempat kami menginap. Mata kami terhipnotis dengan tumpukkan bambu yang menjulang tinggi dengan desain unik. Seperti seorang lelaki gagah berdiri tegap siap menyambut tamu-tamu yang datang mengunjungi tempat tinggalnya. Hayyaahhhh... prolognya serius banget kayak mo nulis novel aja. 😊
  
Yukkk ah, bahasanya yang ringan-ringan kayak krupuk aja. Lanjut ya... Jadi ceritanya pas nyampe di Dusun Bambu belum buka, coz masih jam setengah delapan. Kata petugasnya sih jam delapanan gitu. Sambil nunggu, baiknya kita foto-foto dulu bagian depannya. 

Emang nih ya ownernya pinter banget bikin ide tempat wisata yang eco friendly, secara suasana di Lembang sangat mendukung buat wisata alam. Sama seperti tempat wisata di Lembang yang lain, jika ingin nggak kena macet, datang pagi. Antisipasi juga karena kalau siang hujan, jadi perkiraan sebelum jam 12 udah cabut dari lokasi.

www.kopidankamu.com

Apa Saja yang Menarik

Setelah membayar tiket masuk di loket seharga Rp 25.000,-/orang (untuk harga weekend), seharusnya kita tinggal nunggu mobil jemputan pengunjung yang akan mengantar kita langsung tanpa berjalan kaki, karena lokasinya begitu luas. Tetapi kata petugas loket, mobil ontang anting baru beroperasi sekitar pukul setengah sembilan maka kami putuskan untuk berjalan kaki saja melewati pematang sawah, sembari mata kita dimanjakan hijaunya sawah yang membentang.




1. Villa Kampung Layung

Villa dengan suasana pedesaan yang dikemas modern. Bangunan dengan eksterior yang dominan terbuat dari bambu tertata apik, berkesan sangat natural. Yang menarik, nama-nama cottage ini diberi nama tokoh-tokoh cerita daerah Jawa Barat seperti Sangkuriang, Kabayan, Nyi Iteung, dll. Dengan harga 2-4 juta per malam sepertinya nggak cocok pake banget buat kantong kami, hahaha....

Sumber: www.initempatwisata.com


2. Lutung Kasarung

Salah satu yang khas dari Dusun Bambu, adalah bangunan mirip sarang burung raksasa. Berada di ketinggian dan dihubungkan dengan jembatan yang terbuat dari besi dengan pijakan kayu. Eittt, jangan salah gaes, ini bukan sarang burung beneran lho, melainkan resto dengan nama Lutung Kasarung yang mengambil nama dari cerita rakyat Jawa Barat.


www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

3. Rabbit Wonderland & Bamboo Playground

Buat yang punya balita nih cocok banget, langsung aja cuss kesini... anak-anak dijamin betah. Dengan membayar tiket masuk area seharga Rp 50.000,- bisa sepuasnya bermain. Lokasi Rabbit Wonderland bersebelahan dengan Bamboo Playground.

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

4. Cafe Burangrang

Sambil nunggu anak-anak main di playground, para orang tua bisa ngopi-ngopi cantik disini. Ada cemilan-cemilan khas sunda, dan ada sambel oncom yang endes rasanya, kebanyang ga sih? Dari atas cafe, kita bisa melihat pemandangan Danau Sangkuriang. Di depan cafe, ada yang unik yaitu bambu yang diulir memanjang dari depan sampai bagian belakang.

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com
Bambu yang unik, diulir dari depan hingga belakang cafe


5. Pasar Khatulistiwa

Posisi Pasar Khatulistiwa ini terletak bersebelahan dengan Cafe Burangrang. Pasar ini didesain rapi dan bersih. Terdapat kios-kios yang menjual berbagai produk hasil pertanian organik dan macam-macam hasil olahannya.

Sumber: http://www.dusun-bambu.com

6. Saung Purbasari

Berupa saung yang unik mengelilingi danau buatan kecil berfungsi untuk menikmati santapan makan untuk minimal 6 orang dan maksimal 12 orang. Terletak berhadapan langsung dengan Cafe Burangrang. Danau buatan itu sendiri diberi nama Sangkuriang. Kayaknya asyik banget ya, makan romantis di atas danau. 

Selain untuk resto, di danau tersebut juga ada fasilitas perahu atau sampan hias yang disewakan untuk pengunjung.

www.kopidankamu.com

7. Taman Arimbi

Selain penuh bunga-bunga, yang asyik adalah adanya sungai buatan dengan air terjun mini. Dan kalian bebas lho gaes main air, boleh kok kalau mau basah-basahan.

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

8. Wahana Bermain Kampung Ulin

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com
Tangga menuju beragam wahana di Kampung Ulin
Ada beragam wahana di Kampung Ulin, tetapi kami hanya nyobain panahan dan menembak. Untuk panahan, kita cuman bayar Rp 50.000,- sudah termasuk busur panah profesional dan enam anak panah untuk tiga set bermain. Bisa buat gantian bertiga, hehehe...

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com


Sedangkan untuk menembak, per orang kena charge Rp 85.000,- per orang, dengan fasilitas tiap orang mendapat satu buah senjata laras panjang yang beratnya ternyata wow, sepuluh butir peluru, dan masing-masing orang ada instrukturnya sendiri-sendiri. Makanya buat yang belum pro, disediakan penyangga dari besi untuk menopang senjata.

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com

9. Tegal Pangulinan

Area outdoor dengan rumput sintetis seluas 3.200 m2. Biasa digunakan untuk permainan beregu.

www.kopidankamu.com

10. Foto-foto Keren

www.kopidankamu.com

www.kopidankamu.com


Menuju Lokasi Penjemputan

www.kopidankamu.com
Inilah lokasi drop in dan drop off pengunjung dengan mobil ontang-anting
Sumber: wilwalwil.wordpress.com
Saat pulang, tiket masuk bisa ditukar dengan air mineral botolan atau bibit tanaman. Jadi jangan sampai hilang ya tiketnya, simpan baik-baik di saku kalian. Happy holiday...

Lokasi Dusun Bambu

Beralamat di Jalan Kolonel Masturi km 11, Cisarua, Bandung Barat.




You May Also Like

10 comments

  1. Ya ampun... tempatnya bagus dan lengkap banget :( instagramable banget mbak huhuhu kapan ya bisa kesana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukkk!!!! dijamin ketagihan say...

      Delete
  2. Taman Arimbi air terjun mininya mirip The Hill Sibolangit, say. Kayaknya paling enak ke Dusun Bambu hari biasa ya. Biar gak penuh. Kebayang wis kalo long weekend

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kesana pas weekend kok, krn tempatnya luasss jd ga umpel2an... cmn mau fotonya itu yg agak susah, nyari background sepi😁

      Delete
  3. Masya Allah... Takjub aku mbak. Cakep banget tempatnya, Instagramable bangetttt :D
    Catet nih, siapa tau ntar main ke Bandung. Aku tertarik sama taman Arimbi dan panah-panahan itu mbak. Seru deh kayanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, cocok buat family... dari pagi smpe sore nggak kerasa, hbsnya bnyk bngt wahana yg seru🤗

      Delete
  4. Tempatnya benar benar asri ya mbak .. cocok buat wisata keluarga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbk, pokoknya worth it lah alias cucok...

      Delete
  5. Kemarin ngebolang ke Bandung tapi belum sampai dusun bambu. Padahal pengen banget ke sini. Karena waktu yang terbatas dan kita2 udah capek jd pulang lagi deh ke Lampung.

    Btw itu harga vila 2-4 juta? Hehe, bisa dipake buat jalan2 ke tempat lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah... trus jadinya kemana aja mbk?
      Iya tuh mehong ya...

      Delete

Terima kasih sudah mau berkomentar...