10 Kuliner Wajib di Cilacap

by - Wednesday, December 27, 2017


Sudah menjadi hal yang lumrah jika setiap tempat yang kita singgahi pasti ada kuliner khas yang menarik untuk dicicipi. Begitu juga saat kami berkunjung ke Cilacap, ada beberapa kuliner wajib yang menjadi wish lists. Diantaranya yaitu Sate Kambing Tiga Saudara, Soto Sokaraja, Mendoan & Dages, Serabi, Rujak Bebeg, dll. 

1. Sate Kambing Tiga Saudara

Hasil gambar untuk sate kambing tiga saudara cilacap
Jalan S. Parman No. 12 Cilacap
Sate kambing ini memang warnanya pucat dan kurang menarik kalau dilihat, bandingkan dengan sate kambing di Semarang yang berwarna hitam pekat karena dibakar dengan kecap. Beda dengan sate kambing yang dijual di RM Tiga Saudara ini, dibakar tapi tidak gosong dan dimakan hanya dengan sambal kecap saja sudah bikin tambah nasi bolak balik, karena satenya yang empuk berasal dari kambing muda, kalau di daerah Tegal dikenal istilah sate kambing batibul (*bawah tiga bulan).

2. Soto Sokaraja Rindu Rasa

www.kopidankamu.com
Jl. Rinjani, Sidanegara, Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap
Soto ini hampir sama dengan soto-soto yang lain, ada soon, taoge, daun onclang seledri dan ada tiga pilihan soto ayam, soto daging atau soto jeroan. Yang berbeda adalah soto Sokaraja menggunakan lontong, kerupuk jingga yang diremuk dan sambel kacang. Kalau udah makan, langsung lupa sama kolesterol, kuah kaldunya begitu kental, so yummy...  



3. Mendoan & Dages

Mendoan Cilacap
Mendoan Cilacap persis mendoan Purwokerto, tempe yang lebar dan tipis memang sengaja dibuat seperti itu tanpa melalui proses mengiris tipis. Digoreng setengah kering, jadi warnanya masih pucat, dengan tekstur yang lembek. Cocok dimakan saat panas dengan sambal kecap atau lombok rawit.
Hasil gambar untuk mendoan dages cilacap
Dages Goreng, sejenis gembus tapi berwarna hitam

4. Mie Ayam Pangsit Jalan Progo

www.kopidankamu.com
www.kopidankamu.com
Mie Ayam Pangsit 7.500,- per porsi
Bumbunya sama dengan mie ayam yang ada di Semarang, hanya saja jenis mie-nya yang agak berbeda, yaitu lebih kecil dan tidak pipih. Porsinya agak banyak, semangkuk cukup untuk dimakan berdua.

5. Serabi


www.kopidankamu.com
Serabi khas Cilacap @1.250,-. Jalan Gatot Subroto Cilacap
Serabi ini khasnya karena dimasak dengan tungku kayu dan alat masaknya terbuat dari tanah liat. Rasanya tidak begitu manis, cenderung gurih malahan. Begitu padat sehingga makan satu saja bisa terasa kenyang sampai siang.

6. Lotek Kecombrang

Hasil gambar untuk lotek kecombrang cilacap
Jalan Flores, Cilacap
Lotek itu kalau di Semarang namanya pecel, persis plek, hanya kalau di Cilacap ada tambahan bunga kecombrang yang bikin rasa dan aromanya beda. Sayurannya terdiri dari kangkung, bayem, kacang panjang, bunga turi, taoge, ditambah irisan lontong, tahu, timun dan kerupuk.

7. Brekecek

Hasil gambar untuk brekecek khas cilacap
Mirip pindang srani kalau di Semarang, bumbu rempah komplit yang dihaluskan.

8. Rujak Bebeg




Rujak bebeg ini cara membuatnya ditumbuk, rasa terasi yang begitu dominan, ditambah ketela kuning sebagai salah satu campuran buah-buahan. Kebetulan pas di Pantai Teluk Penyu ada yang jual per porsi 8.000,-.

www.kopidankamu.com
Alat menumbuk rujak bebeg

9. Sale Pisang

Paling suka sama sale pisang basah khas Cilacap, rasanya bikin nagih lagi dan lagi. Salah satu oleh-oleh andalan yang wajib dibeli kalau ke Cilacap.


Hasil gambar untuk sale pisang khas cilacap

10. Kerupuk Ikan Tengiri

Hasil gambar untuk kerupuk tengiri khas cilacap
Oleh-oleh wajib dari Cilacap

You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah mau berkomentar...