Kampung Pelangi Semarang

by - Tuesday, November 07, 2017

Kampung Pelangi Semarang


Jujur, kalau bukan karena rute Bus Tingkat Semarang Si Kenang mungkin saya nggak akan mampir dan foto-foto disini. Ini adalah Kampung Pelangi Semarang. Sebuah perkampungan kumuh, dulu orang Semarang lebih mengenal dengan nama Kampung Gunung Brintik yang terletak di daerah Pasar Kembang Kalisari Semarang. 

Kampung Pelangi merupakan program Pemkot Semarang dengan anggaran proyek senilai 3 miliyar untuk menyulap sebuah perkampungan kumuh menjadi salah satu aset wisata di Kota Semarang. Walaupun rencana proyek dari Pemkot terkesan sangat menjanjikan, tapi Saya pribadi merasa bahwa kesan kumuh masih tetap ada. Lihat saja bagaimana warga sekitar memarkir motor sembarangan dan tidak beraturan. Belum lagi ada galon-galon air mineral ditepian tangga. Parahnya, bau sungai yang nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata harus dengan terpaksa mau nggak mau kita hirup bersama. 


Kampung Pelangi Semarang
Pasar Kembang Kalisari

Kampung Pelangi Semarang
Sepeda motor milik warga setempat yang diparkir sembarangan

Kampung Pelangi Semarang
Galon air mineral ditepian tangga

Kampung Pelangi Semarang
Warna-warni cat yang mulai pudar

Kampung Pelangi Semarang
Suasana perkampungan warga.


Sebagai warga Semarang yang sudah puluhan tahun tinggal di sini, Saya khawatir jika tidak segera dilakukan pembenahan, mungkin wisata Kampung Pelangi tidak bertahan lama. Masukkan saja buat Pemkot Semarang, siapa tahu ada dari pihak terkait yang membaca, agar kedepannya bisa lebih diperbaiki lagi. Beberapa hal misalnya, masalah sanitasi, penyediaan toilet bagi wisatawan, tempat parkir penduduk setempat dan tempat parkir pengunjung, belum tersedianya toko souvenir, sosialisasi terhadap penduduk lokal untuk tetap menjaga dan merawat Kampung Pelangi agar tetap menarik wisatawan yang berkunjung. Hal ini penting diperhatikan, semata-mata untuk memenuhi standar kawasan wisata Kampung Pelangi dan kawasan wisata di Kota Semarang yang lainnya.

Kampung Pelangi Semarang
Tetap Eksis ๐Ÿ˜
   
Baca juga Lawang Sewu Semarang


You May Also Like

9 comments

  1. Udah sering dengar di media tentang kampung ini, tp belum kesampaian buat berkunjung ke sini. Semoga bs ssmpe sini jg, aamiin. Btw salam kenal ya mba:)

    ReplyDelete
  2. wah seru juga tuh mbak saya orang semarang malah baru tahu di daerah gunung brintik ada kampung pelangi hehe

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. keren mba'...
    numpang prmosi blog, mungkin bermanfaat sunnahsantri.blogspot.id

    ReplyDelete
  5. Iya nih, toko souvernir. Kayanya untuk kawasan yang dicanangkan sebagai tempat wisata wajib banget punya ini. Sanitasi juga buat fasilitas umum supaya pengunjung tetap betah.
    Semoga tulisan ini dibaca Pemkot Semarang ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah dishare resmi oleh website pemkota semarang mbk...

      Delete

Terima kasih sudah mau berkomentar...