Museum Mandala Bhakti

by - Wednesday, November 01, 2017



Museum Mandala Bhakti adalah museum perjuangan Tentara Nasional Indonesia. Terletak di Jalan Soegijapranata No. 1 Semarang, Jawa Tengah, tepat berhadapan dengan Tugu Muda.Museum ini dibuka untuk umum dari Selasa-Kamis (08.00-12.00), Jumat (08.00-10.30), Minggu (08.00-12.00), sedangkan Senin, Sabtu & hari besar tutup.

Museum ini memiliki dua lantai dengan orientasi bangunan menghadap Utara. Pondasinya terbuat dari batu dengan dinding dari batubata. Atapnya berbentuk limasan dengan penutup genteng. Terdapat serambi pada sepanjang sisi depan bangunan setiap lantai.

Arsitek museum ini adalah I. Kuhr E. dan Van Leeuwen dari Belanda. Pada awalnya, digunakan untuk Raad van Justitie atau Pengadilan Tinggi bagi golongan rakyat Eropa di Semarang. Diperkirakan dibangun sekitar tahun 1930-an. Pada tahun 1950-an bangunan ini digunakan oleh Kodam IV/ Diponegoro sebagai Markas Besar Komando Wilayah Pertahanan II. Kemudian pada tahun 1985 resmi digunakan untuk museum yang menyimpan koleksi senjata, seragam, data, dan dokumentasi TNI.

Ruangan-ruangan di Museum Mandala Bhakti

  • Ruang Jatmu (senjata dan amunisi) tersimpan berbagai senjata TNI seperti bambu runcing, keris, rencong, tombak, busur serta senjata modern seperti pistol, senapan, mesin berat dan senjata pelontar. 
  • Ruang Gamad (seragam angkatan darat) terdapat seragam yang digunakan TNI yang telah mengalami pengawetan dari seragam berbahan dari goni, seragam PETA, Heiho, BKR, TKR, TNI, seragam tentara asing, pakaian dinas Polisi militer hingga Kowad. 
  • Ruang Peristiwa, terdapat catatan sejarah berbagai peristiwa perjuangan di Indonesia. Diantaranya, Pertempuran Lima Hari di Semarang, Serangan Umum Surakarta, Pertempuran di Magelang dan pertempuran di kota - kota lain. 
  • Ruang Pelestarian Ruang Kerja Pangdam. Ruangan ini digunakan sebagai ruang Panglima Kodam (Pangdam) dari waktu ke waktu. 
  • Ruang Satsikmil (satuan musik militer) yang berisi alat - alat musik yang digunakan oleh para tentara. 
  • Ruangan Laswi atau Laskar Wanita Indonesia yang menggambarkan perjuangan para wanita dalam perjuangan merebut kemerdekaan. 
  • Ruang Unit Dapur Umum yang menggambarkan dapur umum pada masa penjajahan. 
  • Ruang Cacat Veteran yang menyimpan alat - alat kesehatan yang pernah digunakan veteran yang mengalami cacat akibat membela negara.
Beberapa spot foto menarik di Museum Mandala Bhakti

Tangga Naik ke Lantai 2

Patung Jend. Sudirman

Peta Perjuangan TNI

Kendi Manunggal Jati

Lorong antar ruang
  




Ruang Perpustakaan

Mushola di dalam Perpustakaan




Lemari Data


Teralis Pintu Belakang







You May Also Like

2 comments

Terima kasih sudah mau berkomentar...