6 PULAU YANG WAJIB DIKUNJUNGI SAAT DI BELITUNG

by - Monday, October 16, 2017

MERCUSUAR Pulau Lengkuas


BELITUNG atau masyarakat lokal menyebut Belitong merupakan salah satu destinasi yang sangat terkenal semenjak munculnya film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata, anak asli dari Belitung yang menceritakan kisah hidupnya sendiri. Kabupaten Belitung ini beribu kota di Tanjung Pandan terbagi menjadi 2 , yaitu Belitung Barat dan Belitung Timur. Untuk menuju ke pusat kota, dari Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin ditempuh sekitar 30-45 menit dengan berkendara. 

Jika Anda berencana berlibur ke Belitung, berangkatlah pada Bulan April atau Mei, karena sebagian besar yang kita kunjungi adalah pantai, maka bulan yang bersahabat dengan kondisi cuaca dan ketinggian ombak adalah pada bulan-bulan tersebut. Artinya, ombak tidak tinggi, laut tenang dan belum masuk musim penghujan. Dan jangan lupa siapkan sun block!!!

1. PANTAI TANJUNG TINGGI

Image: Source

    Foto Imas Masithoh.
    Lokasi: Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Di pantai Tanjung Tinggi ini, biasanya starting point untuk Hopping Island. Anda bisa menyewa perahu seharga 500.000,- dengan kapasitas 10 orang. Dan sewa life jacket seharga 25.000,-/orang. Berpasir putih, dan batu granit super besar adalah ciri khas pantai ini.

Untuk makan siang juga sangat direkomendasikan di warung makan sekitar pantai. Dengan harga yang ramah di kantong, Anda bisa menikmati masakan ikan khas Belitung, aneka seafood dan Es Kelapa Muda tentunya sambil melihat pemandangan deburan ombak di pantai.

2. PANTAI TANJUNG KELAYANG

Image: Source

Pantai Tanjung Kelayang merupakan pantai ke 2 yang terkenal setelah Pantai Tanjung Tinggi. Yang sangat khas dari pantai ini adalah Batu Kelayang yaitu tumpukan batu yang mirip kepala burung (*nama kelayang diambil dari nama salah satu jenis burung).

Pantai ini memiliki keindahan eksotis yang lain dari pantai yang lain, sebelah timur berupa hamparan pasir putih dan air yang jernih, sedangkan sebelah barat berupa gugusan batu granit sangat memukau siapapun yang berkunjung kesini. Sangat menarik untuk dikunjungi bukan?

3. PULAU BATU BERLAYAR

Image: Source
Destinasi berikutnya yang tak kalah eksotis adalah Pulau Batu Berlayar. Pulau ini terdiri dari formasi 2 batu besar yang berdiri secara vertikal, sehingga mirip layar, sedangkan pasir putih di bawahnya ibarat perahu. 

4. PULAU GEDE KEPAYANG



Tidak ada yang terlalu unik di pulau yang satu ini selain hamparan pasir putih yang membentang, hanya bila tepat waktu jam makan siang, tidak ada salahnya singgah disini untuk mencicipi aneka menu restoran seafood selepas lelah berhopping island. 




5. PULAU BABI KECIL


Pulau ini disebut Pulau Babi, walaupun sepertinya tidak ada babi seekorpun disini...
Ada yang unik di pulau ini, yaitu sejenis pandan laut yang buahnya mirip nanas, tapi ga bisa dimakan ya...
Pandan Laut


6. PULAU LENGKUAS

Image: Source

Pulau ini memiliki ikon mercusuar peninggalan Belanda sejak 1882 setinggi 62 meter yang bisa anda naiki jika anda beruntung, karena terkadang tertutup untuk umum. Mercusuar ini masih berfungsi hingga kini untuk memantau lalu lintas kapal laut yang lewat maupun keluar masuk Pulau Belitung. Sesampainya di atas Anda bisa melihat pemandangan pulau-pulau eksotis dan birunya laut Belitung. Untuk menaikinya, Anda perlu menempuh ratusan anak tangga, tapi di setiap lantainya terdapat jendela di berbagai sisi yang memperlihatkan pemandangan yang sama.

Dinamakan Lengkuas ternyata bukan berarti ditumbuhi tanaman rempah tersebut. “Dulunya Belanda menyebutnya dengan lighthouse yang berarti mercusuar, tapi penafsiran dan logat masyarakat lokal, lama-kelamaan menjadi lengkuas. Akhirnya pulau ini disebut Lengkuas.


Di sisi sampingnya menyuguhkan keindahan laut yang belum banyak diketahui orang, sehingga relatif sepi dibanding sisi depannya. Anda bisa berenang di kedalaman laut dangkal dengan melihat dasar laut yang penuh karang dan ikan. Lelah berenang, anda juga bisa menyantap es kelapa langsung disini.

Tidak jauh dari pulau ini ada spot-spot snorkeling yang menyuguhkan pemandangan bawah laut luar biasa. Rangkaian karangnya yang masih berumur muda, dan ikan-ikan yang berkeliling di sekitar anda sangat mengasyikan.

Jangan lupa membawa makanan seperti biskuit atau roti untuk memberi makan ikan agar berkumpul di sekitar anda.



Baca Juga: MENJELAJAH NEGERI LASKAR PELANGI 2D1N


SUMBER:

http://nationalgeographic.co.id

You May Also Like

4 comments

  1. Puau lengkuas kayanya paling keren tuh hehe

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak...
      Salah satu pulau yg unik krn ada mercusuarnya...

      Delete
  2. Pulau lengkuas nih, wajib dikunjungi pas island hopping.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, timingnya hrs pas ombak nggak tinggi... jd bisa nyampe ke tengah, krn letak pulaunya yg agak jauh dr pantai.

      Delete

Terima kasih sudah mau berkomentar...